Rabu, 04 Juni 2014

Percinta'an Atau Pencitra'an




      Halo,memang,ternyata menjadi tua itu enggak enak,dulu gue punya 90 persen waktu luang buat jalan-jalan atau sekadar main basket,sekarang waktu luang nya sisa 10 persen,dan 90 persen nya,kerja.

     Semakin kesini,gue sering memperhatikan orang-orang yang ada di sekitar gue,entah itu di lingkungan rumah,pekerjaan,pertemanan,atau sosial media.banyak diantara mereka yang menjadikan suatu hubungan itu sebagai pencitra’an diri,bukan untuk melengkapi diri nya.

    Pernah satu pengalaman gue nemuin orang yang punya pacar banyak Cuma buat dapet citra “ Laku “,mungkin untuk beberapa orang juga laku dalam dunia percinta’an memang membanggakan,tapi menurut gue itu lebih kayak enggak bisa mempertahankan suatu hubungan,atau bisa gue sebut sebagai,pecundang.


    Kalo buat para capres Indonesia,pencitra’an itu seperti nunjukin semua kegiatan yang dilakukan kan yang kata nya untuk rakyat,di sebar ke media,lalu rakyat mikir dia itu seperti apa yang mereka lihat di media.tapi,terkadang media itu kayak uang logam,punya dua sisi yang beda satu sama lain.

    Sama kayak pasangan yang Cuma mencari pencitra’an diri,setiap kegiatan yang dilakukan di bagikan ke media sosial.apa pun itu,kayak makan berdua,makanan nya difoto sambil pegangan tangan,atau lagi nonton berdua,tiket nya yang difoto,atau lagi boker,gayung nya difoto,tetap berdua! Buat apa?,buat sekadar dunia tau kalo “ ini loh yang gue lakuin sama pasangan gue “. Mesra? Gak gitu-gitu juga.

    Sebenar nya enggak ada salah nya,itu hak kalian,tapi kalo gue,lebih suka ngumpulin foto-foto berdua sama seseorang yang disayang atau kenangan sekalipun ke dalam kotak yang enggak bisa siapa pun ngeliat dan mengomentari hubungan gue,gue sebut kotak itu sebagai otak.karena otak selalu bisa merekam kegiatan yang gue lakukan bersama pasangan gue tanpa orang lain tau.karena sosial media adalah tempat dimana terlalu banyak mata dan mulut untuk mengomentari.

    Pilihan kedua,gue suka mengabadikan moment-moment yang mungkin enggak akan gue ulangi lagi,dan moment itu enggak akan pernah gue share ke sosial media.karena itu langka,dan Cuma gue yang boleh tau dan orang yang waktu itu lagi bersama gue,dan Tuhan.seperti waktu itu,gue sempat memoto kegiatan yang mungkin enggak akan pernah gue ulangi lagi sama dia.

   Waktu itu adalah hari ketiga bokap berpulang,gue masih ngerasa “kok,kayak mimpi ya”,padahal minggu sebelum nya,gue masih sempat makan bareng sama bokap di meja yang sama,waktu yang sama.sedih memang,tapi hidup enggak berhenti disitu kok.

   Siang hari,tepat nya pukul 1 siang,gue masih memakai baju putih-putih.kalo kalian baru kenal,gue adalah keturunan etnis cina,walau pun muka gue arab maksimal.jadi semua kegiatan tradisional masih dilakukan sampai sekarang.di etnis cina,bila ada yang berpulang dalam satu rumah,anggota keluarga sebaik nya memakai baju putih-putih sebagai tanda berduka.dan hari itu,gue mendapat sedikit hiburan,Cinta ( nama disamarkan ),datang kerumah tanpa sepengetahuan gue.dan hanya dua rasa yang gue rasakan waktu itu,sedih.dan bahagia,karena gue yakin,sedih dan bahagia itu datang nya satu paket.

    Nyokap masih di tempat keluarga gue,karena para keluarga tau,kalau langsung tidur dirumah nyokap akan lebih merasa kehilangan bokap.dan gue dititipin pesan buat ngegulung uang kertas buat ritual yang biasa dilakukan etnis cina bila ada peringatan hari kematian atau kelahiran seorang keluarga.

   Gue hari itu enggak banyak bicara,sedikit senyum sudah menunjukan kalo gue senang kalo Cinta datang kerumah nemanin gue disaat titik terendah dalam hidup,dan cinta juga ngerti,kalo ini bukan sa’at yang tepat untuk memilintir rambut gue yang keriting atau gue yang senang mencetin hidung nya.mungkin nanti.

   Tangan gue terfokus menggulung setiap lembar uang kertas,otak memikirkan cara membuat nyokap senyum setelah kepulangan bokap,dan separuh hati hancur waktu gue melihat bokap dikuburkan,separuh nya lagi masih terjaga karena ada Cinta disini.dan lebih bikin gue enggak bisa berkata apa-apa,dia ikut bantuin gue ngegulung uang kertas itu,dan merangkul kepala gue,dia bilang,”udah,jangan sedih-sedih terus,sekaran boleh sedih,ntar harus bisa bikin orang ketawa lagi kayak dulu”.dan itu lah yang membuat dia beda dari yang lain,ketulusan nya.

   Dan moment itu enggak mau gue lewatin,diam-diam gue kebelakang,alasan mau ngambil minum,padahal gue memoto dia yang lagi ngegulungin uang kertas,satu foto sudah cukup buat mengabadikan,kalo gue senang sempat punya pasangan kayak dia.

   Dan,sampai saat ini foto itu masih ada di di salah satu folder di notebook gue,Cuma gue yang tau.Cinta sekalipun enggak pernah ngeliat moment terbaik yang pernah dia lakuin buat gue itu.karena cukup gue yang tau,kalau dia pernah sayang sama gue,dunia cukup tutup mata dan enggak ada kesempatan buat ngomentarin moment itu,cukup gue sendiri.

   Di sosial media,gue juga sering mengupload moment-moment yang menurut gue pasti bisa ulang lagi,buat moment yang enggak bakal bisa gue ulang,sosial media bukan tempat yang cocok buat satu moment terbaik,dengan orang yang terbaik.

   Karena moment terbaik,adalah moment yang enggak bakal bisa diulang,di putar lagi,dengan orang yang sama,baju yang sama,tempat yang sama,dan perasa’an yang sama.karena ini kenangan,bukan kaset yang bisa di tekan tombol rewind untuk mendengarkan dan melihat tepat dibagian mana yang kita mau .

Tidak ada komentar: