Rabu, 22 Juli 2015

When Life is Too Hard




    SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI CEMUAH!!! *SUNGKEMANSATUSATU* *MANTANJUGA* *TETEUP*

     Kenapa judul postingan gue kali ini judul nya When Life Is Too Hard?

    Jadi begini, sore tadi sepulang kerja gue mampir sebentar ke alun-alun kota. Beli satu kaleng cola dan sebungkus rokok. Niat awal sih Cuma buat liat-liat suasana sore di alun-alun ini. Tapi, lama kelamaan gue baru sadar, banyak orang yang berkegiatan di alun-alun ini. Lebih tepat nya dan kebanyakan nya sih, mencari nafkah di alun-alun ini.

   Motor gue parkirin di dekat kantor satpam, gue taruh helm. Dan mencari tempat buat duduk-duduk unyu sekitaran sini. Enggak jauh, ada kursi panjang kosong, langsung aja gue isi. Gue mah gitu orang nya, enggak bisa ngeliat yang kosong, langsung mau ngisi, nama nya juga usaha.


   Jam di handphone menunjukan pukul 5:30 sore, ya jam-jam enak buat ngeliatin kegiatan orang martapura disore hari nih. Maklum, udah lama enggak liat-liat dedek gemez.

   Batang rokok pertama gue nyalain, playlist di handphone pun udah diputar. First, mata gue tertuju ke arah dedek gemez pertama. Lalu gue skip, karena niat gue kesini bukan nyari jodoh. Gue alihkan pandangan ke sisi lain, ada dedek gemez lagi, gue alihkan pandangan lagi, dedek gemez lagi. Sampai gue geleng kiri-kanan beberapa kali, dedek gemez semua yang muncul. Dan gue baru sadar, banyak sekali dedek gemez di alun-alun kota pada sore hari ternyata.

   Separuh batang rokok terhisap, mata gue akhirnya tertuju ke arah bapak-bapak penjual gorengan. Dia membawa satu orang istri dan dua orang anak. mungkin umur bapak itu sekitar 30 sampai 40 tahun.

   Sambil berjualan, istri bapak itu juga menjaga anak mereka yang masih kecil-kecil, belum sampai 4 tahun mungkin umur anak mereka, yang satu laki yang satu cewek. Sesekali anak mereka lari ke arah lapangan ditengah alun-alun, si ibu pun langsung mengikuti, menjaga mereka.

   Enggak lama, Pembeli gorengan mulai berkurang. mereka berempat, si Bapak, Ibu, dan dua anak mereka pun duduk-duduk di pinggir lapangan yang alas nya diberi tikar rotan. Samar, gue lihat mereka bercanda, tertawa. Saat anak mereka yang cewek kembali berlari ke arah lapangan, si bapak terdengar berteriak, “Ndok! Jangan kesitu, ntar kena bola!”. Teriak si bapak, yang di ikuti tarikan dari Ibu mereka menahan lari anak kecil itu.

    Enggak lama setelah itu, ada pembeli lagi, si bapak kembali ke tempat jualan nya. sedangkan Ibu dan anak-anak masih di pinggir lapangan. Tapi, sesekali bapak itu menoleh ke arah anak-anak nya. kemudian tersenyum melihat tingkah laku anak nya sendiri.

   Dan, Sore ini, gue sadar, kalau hidup susah, bukan alasan seseorang untuk lupa tersenyum dan tertawa. Seberat apapun hidup lo, kalau lo sendiri menjalani nya dengan ikhlas dan sabar pasti enggak akan terasa berat, dan pada akhir nya, lo tau apa arti dari bersyukur. Bersyukur atas apa yang sudah Tuhan berikan. Gue sendiri, terkadang terlalu banyak mengeluh, tanpa sadar, apa yang sudah Tuhan berikan ke gue.  

   Dan sebenar nya hidup enggak akan pernah terasa mudah, kalau kita enggak pernah bersyukur. Bila sekarang gue ngerasa udah kayak mau mati aja dengan masalah-masalah yang gue hadapi. Setelah melihat bapak-bapak dengan satu orang istri dan dua orang anak yang berjualan gorengan masih bisa tertawa bahagia, jujur, gue malu sama diri gue sendiri pada saat itu juga. Bye.

Tidak ada komentar: