Minggu, 09 Maret 2014

Embun



     Nama nya Efan,seorang bocah laki-laki yang memiliki rambut keriting dan berkulit sawo matang dan sekarang dia sudah beranjak dewasa dan mulai menginjak masa SMA,pagi itu dia terbangun kala mendengar teriakan ibu nya dari lantai bawah,teriakan yang sudah biasa menjadi santapan pagi nya,bila Ayah nya sedang di rumah.Efan memang terlahir di keluarga yang kurang harmonis,cekcok mulut sudah biasa dia dari kedua orang tua nya.

    Ayah Efan adalah seorang pekerja di bidang pertambangan sedangkan Ibu nya adalah seorang Ibu rumah tangga biasa,yang setiap hari nya cuma melakukan pekerja’an rumah layak nya seorang Ibu rumah tangga.walau pun berkehidupan cukup mapan kata “damai” jarang sekali terdengar di rumah Efan.ada saja masalah yang muncul setiap hari nya,

   Jam pun sudah menunjukan pukul 7 pagi,Setelah merapikan tempat tidur nya,Efan turun ke bawah dengan handuk mandi terbelit di leher nya,setelah sampai di bawah,Ayah Efan bertanya dengan nada agak tinggi,’kamu tidak sekolah ?!! jam segini baru bangun !’,Efan cuma mengacuhkan perkata’an Ayah nya itu,lalu menyelonong masuk ke dalam kamar mandi.sedangkan Ibu nya seperti biasa menyiapkan makanan untuk sarapan.


     Ayah Efan ini adalah tipe orang yang disiplin dan keras,malah sesekali bisa kasar.tak sekali dua kali Ibu Efan harus menerima perlakuan kasar dari nya,dari ucapan kasar sampai bekas luka lebam yang hingga hari ini masih ada di lengan kiri Ibu nya Efan karena di pukul oleh Ayah nya Efan waktu cekcok mulut dulu.

   Tidak heran kalau Efan juga merasa kurang di perhatikan sebagai anak,selain Ayah nya yang jarang pulang ke rumah karena urusan pekerja’an,Ayah nya pun juga jarang berkomunikasi kalau sedang ada di rumah,ya seperti tadi,kalau Ayah nya pulang,ujung-ujung nya pasti cekcok dengan Ibu Efan.tidak ada kesempatan untuk Efan berbicara berdua dengan Ayah nya,apa lagi sampai bercanda,hal yang sangat di inginkan Efan sebagai anak laki-laki dirumah nya.

‘Ma,Papa kenapa lagi ?’,Tanya Efan sambil mengusapkan handuk ke rambut nya yang basah
sehabis mandi tadi.


‘tadi waktu Papa pulang dia kelihatan capek,terus gak tau kenapa waktu mama mau ngebikinin teh hangat Papa malah marah sama Mama,ya sudah lah,sudah biasa juga kan ? sekarang kamu makan roti nya,terus berangkat sekolah,ini sudah hampir telat kamu..’,jawab Ibu Efan dengan nada tersedu dan mata masih memerah nampak seperti orang baru nangis.

‘iya Ma,mama yang sabar ya ..’,Kata anak SMA itu sambil memakan beberapa roti yang beroleskan selai coklat kesuka’an nya.

       Tidak berapa lama Efan pun berangkat ke sekolah menaiki motor klasik nya,setelah terlebih dahulu minta izin buat berangkat sekolah kepada Mama nya yang memang setiap hari selalu mengantarkan nya sampai pagar depan rumah mereka.motor itu adalah hadiah ulang tahun ke 16 Efan,bulan kemarin.motor klasik yang membedakan kasih sayang antara Ibu dan Ayah nya,Ibu nya lah yang memberikan motor itu,karena tidak tega melihat Efan tiap pagi harus menggenjot pedal sepeda lebih dari 5 Kilo Meter untuk sampai ke sekolah nya.Ayah Efan padahal menentang hal itu,karena Efan belum cukup umur untuk memiliki motor,tapi Ibu nya  tetap bersi keras memberikan nya kepada Efan.

     Efan bersekolah di salah satu SMA swasta di Banjarmasin,awal nya Efan bersekolah di Kalimantan Timur,tapi karena Ayah nya di pindah tugas kan ke Banjarmasin,jadi lah mereka sekeluarga harus ikut ke Banjarmasin juga.padahal di Kalimantan Timur Efan sudah menemukan kehidupan nya sendiri di bidang olahraga,tapi dengan hati terpaksa dia harus mengikuti Orang Tua nya.

    Di sekolah ini Efan memiliki beberapa teman akrab.dia juga mengikuti ekstrakulikuler yang ada di sekolah nya yaitu basket,olah raga yang menurut dia dapat menghilang kan sejenak rasa jenuh di rumah nya juga olah raga yang membuat nya dulu tidak ingin pindah dari Kalimantan Timur.

    Sesampai nya di sekolah dia langsung memarkirkan motor nya di belakang kelas nya,tempat parkir yang seperti nya memang khusus buat dia,selama hampir 3 bulan mempunyai motor,dia tidak pernah memarkirkan motor nya di tempat lain,entah karena alasan dekat dengan kelas,atau



alasan cinta ? ya,Efan sekarang sedang menyimpan rasa kepada anak kelas 1,perempuan berambut pendek sebahu,dan memiliki kulit putih bersih,berparas agak oriental.kriteria yang sangat di’idamkan oleh nya.kelas Efan dan kelas cewek itu bersebelahan,mungkin itu yang menjadi alas an kenapa Efan suka sekali memarkirkan motor nya disini.

    Tidak berselang lama,lonceng sekolah berbunyi,pada sa’at itu juga hari mulai gelap,pertanda tidak berapa lama lagi hujan akan mengguyur sekolah yang terkenal dengan siswa-siswi terbaik nya itu.banyak pengharga’an yang sudah diraih sekolah ini,baik dari bidang akademik maupun non-akademik.

   Seperti kebanyakan anak sekolah,Efan juga kurang menyukai pelajaran yang biasa nya di anggap paling membosankan oleh siswa,apalagi kalau bukan Matematika,pelajaran yang sebenar nya mudah,tapi membingungkan,menurut nya.

   ‘hey Fan ! gimana kemarin tanding basket nya ?’,Tanya salah satu teman baik Efan di kelas,nama nya Noval.

‘ah,kalah Val,kemarin gue main jelek,Turn Over terus … ‘,jawab Efan sambil menaruh tas nya ke kursi tepat di samping Noval.

‘kapan sih lo pernah main bagus ? hahahaha’,ejek nya.

‘dasar lo ! bukan nya nyemangatin gue,ini malah ngatain ! lo sendiri main musik gitu-gitu aja,gak ada perkembangan’,

‘eits,gue main musik bukan buat piala bro ! musik itu menurut gue sama kaya chargeran BB,kalo gak ada musik gue gak bisa hidup,sama kalo BB gue kalo gak ada chargeran gak bisa nyala !’,jawab Noval sambil tersenyum geli.

‘itu mah lo nya aja yang banci teknologi’

 Noval adalah salah satu teman baik Efan dikelas,hobi nya adalah bermain musik,salah satu alat musik yang dia kuasai adalah gitar,dia juga mengikuti band milik sekolah,terkadang dia juga bisa merangkap sebagai Vokalis di band sekolah yang di dirikan nya bersama teman-teman dari kelas lain sejak 1 tahun lalu itu.tapi,band mereka termasuk band yang terkenal dan sering menjuarai beberapa festival band di Banjarmasin.

Noval mengernyitkan alis,’tuh liat,Pak Bowo masuk,siap-siap deh kita keracunan angka Fan,sial …’

Efan pun menjawab dengan mata setengah mengantuk,’ya gimana lagi,memang pelajaran beliau kan yang paling membosankan’.

  Tidak terasa bel pulang sekolah pun berbunyi,semua siswa keluar dari kelas dan mengambil motor nya masing-masing,Efan pun juga begitu,helm yang di taruh nya di atas motor pun basah karena hujan turun waktu pelajaran ketiga tadi dimulai,sambil membersihkan helm nya dari air,Efan tersenyum,di dalam pikiran nya terlintas,”alahkah indah nya bila embun sa’at itu berada disini sekarang”,lalu dia memacu motor nya di jalanan basah perkota’an.

Tidak ada komentar: