Senin, 09 Maret 2015

Saat Hujan, Dan Harus Terus Berjalan




diatas adalah foto nenek itu yang sempat gue ambil.

  Beberapa bulan lalu, di depan tempat kerja. Sore itu hujan sedang turun dengan lebat nya. Dan kebetulan, gue sedang duduk santai di depan kerja’an. menikmati hujan dengan sebatang rokok yang terasa lebih nikmat bercampur aroma hujan.

    Enggak berapa lama setelah itu, mata gue tertuju ke arah jalan di depan kerja’an. ada seorang wanita samar, sedang berjalan menerobos lebat nya hujan. Pikir gue pertama, dia adalah wanita umuran 30’an, karena lebat nya hujan membuat jarak pandang gue kurang jelas, karena penasaran, gue pun berdiri dan mengamati lebih dekat. betapa kaget nya gue, ternyata wanita itu adalah seorang nenek-nenek berumur sekitar 60-an.


   Pakian nenek itu seperti baju khas nenek-nenek jawa, dengan sarung batik dan sendal jepit serta beliau membawa satu tas yang lumayan besar, enggak tau isi nya apa. Jujur, hal pertama yang mau gue lakuin adalah nolong nenek itu. Tapi, takut nya si nenek itu sedang menunggu jemputan, kan enggak mungkin kalau gue langsung nyamperin dan mau nganterin beliau. Takut nya malah dikira orang jahat yang mau ngerampok atau apa.

   Nenek itu pun hilang di persimpangan jalan. Tapi, masih ada satu hal yang masih membekas dipikiran gue sampai saat ini melihat nenek-nenek itu. Yaitu, gimana kalau nyokap gue yang hujan-hujan’an seperti itu? Soal nya, nyokap gue umur nya pun sudah lanjut usia. dan nyokap sampai sekarang masih memaksakan diri buat menjaga toko dia.

   Rasa bersalah langsung gue rasain saat itu. Kenapa saat orang tua gue masih mencari uang untuk keluarga nya, masih bisa-bisa nya gue menolak apa yang di mau nyokap dulu. Seringkali, kalau nyokap menyuruh gue melakukan suatu hal, gue sering menolak dengan alasan capek, males, dan ada kegiatan lain. Setelah melihat nenek-nenek ditengah hujan itu. Gue sadar, betapa jahat nya gue sama nyokap, dan betapa baik nya nyokap sama gue.

   Pada hari itu, mungkin sudah sekitar 4 bulan gue putus kuliah, dan mutusin buat cari kerja aja, dan sejak hari itu juga. Apa pun permintaan nyokap gue selalu berusaha menuhin, apapun. Karena gue sadar, Cuma itu yang bisa gue berikan, enggak sebanding dengan pengorbanan nyokap yang udah diberikan sama gue. Dan terima kasih untuk nenek-nenek ditengah hujan itu. Nenek sudah menyadarkan saya, betapa tulus nya cinta seorang ibu untuk anak nya. Nenek di dalam rintikan ujan, dan harus terus berjalan. Mungkin untuk menemui keluarga nya yang menunggu di rumah atau hanya berjalan mencari tempat berteduh, semoga nenek selalu dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Pengasih. Amin. Bye~

Tidak ada komentar: