Senin, 10 Juni 2013

Palangka Jenaka ( Part 1 )



   Memang enggak bisa dipungkiri kalau setiap orang punya cerita lucu tersendiri yang bisa dicerita’in sama teman,sahabat,pacar atau mungkin pasangan hidup nanti nya.buat gue sendiri,masa kecil itu gue anggap masa netral,walau bikin salah kayak gimana pun ya enggak bisa disalah-salahin banget,nama nya juga masih kecil,beda cerita nya kalau anak kecil nikahin orang dewasa nah itu mungkin badan nya aja yang kecil,nafsu udah kemana-mana.

   Kali ini gue bakal cerita pengalaman masa kecil gue yang lagi piknik sama bokap ke daerah Palangka Raya,Kalimantan Tengah,bukan piknik juga sih,tapi waktu itu bokap gue sedang ada pekerja’an di disana,kebetulan juga waktu itu gue lagi libur,dan mau mendaftar ke Sekolah Dasar,sekalian aja gue ngikut.

   Seperti hari biasa,bokap kalau setiap pagi pasti dan enggak terelakan lagi pasti nongkrong di teras belakang,dengan celana pendek,kaos oblong-bolong ketek,sama kaca mata nya yang enggak boleh ketinggalan.di depan nya sudah ada blender.dengan tangan asik memotong buah tomat dan wortel yang tiap pagi harus dia minum.entah apa enak nya,gue pernah ngerasain jus wortel sama tomat buatan bokap,wuiiih rasa nya … enggak bisa gue bedain mana jus tomat wortel mana jus tomat wortel tanah,enggak enak banget.rasa nya agak sepet-sepet asin,entah itu dicampur garam atau waktu motong tomat bokap nyipratin sari ketek nya ke dalam blender.itu kemungkinan paling masuk akal.

  Kalo gue,biasa nya kalo lagi liburan gini,pagi-pagi udah ricuh di depan toko.kan kalo pagi hari di depan toko gue itu langsung ketemu yang nama nya pasar,nah itu lah,gue paling suka di dalam ke ramaian,nyempil diantara ibu-ibu yang lagi tawar menawar sama penjual Ikan,nyempil diantara kantong-kantong kresek,nyempil diantara ketek nya yang jualan.

   Dan tepat seperti kebiasa’an-kebiasa’an gue sama bokap,setelah asik nyempil disana-sini gue dipanggil,disuruh mandi,makan terus nemenin dia.kata yang paling sering dia ucapin kalau jus nya udah jadi adalah,”ven,liat,jus nya warna orange,bagi dua ya … biar kamu kayak gini”,kata bokap sambil nepok-nepok perut nya yang sudah diambang batas wajar itu.dan gue biasa nya langsung nutup mulut,geleng-geleng kepala,dan bokap langsung meminum habis satu blender jus tomat wortel,kenapa gue tulis satu  blender,apa lagi kalau bukan bokap gue minum langsung dari  blender nya,kata nya sih lebih brasaaaaaaaaa.bagi gue itu sangat bodoh,dan enggak cukup dengan itu,kan habis minum jus itu ada sisa nya tuh di atas bibir,nah bokap gue mainin tuh busa-busa nya,dia jilat dari sebelah kiri,lalu kanan,kemudian tengah,dan berkata,”Nyaman peeeeeen !!!!”.

   Ditengah-tengah kebangga’an nya itu,bokap gue ngomong,”pen,papi mau berangkat ke Palangka,mau ikut ?”,kata nya menahan perut yang penuh begah.”mau !”,kata gue spontan,”siapa aja ?”,bokap gue berdiri,agak melemaskan badan nya,”argh …. Banyak kok,Nana sama Hehen juga ikut”.

  Nana sama Hehen adalah anak dari teman nya bokap gue,nama teman bokap gue ini adalah Alai,iya beneran nama nya Alai,bukan “ ALAY ” ya.Bokap gue sama Om Alai ini sudah temanan sejak lama,sejak bokap gue belum nikah dan masih menjadi perantau.tapi kalo gue nulis " Om Alay " kok keliatan nya kayak Om-Om umur 40'an suka ngecat rambut warna-warni terus suka nonton K-pop yah,ya sudah lah.balik ke cerita gue.

Karena gue polos,dan kurang liburan,gue ayo terus.

   Esok nya,pagi yang cerah,masih ada sisa air hujan malam tadi dari atas genteng rumah.gue udah siap,dengan tas ala anak TK,kecil,isi nya mainan,sama yang enggak boleh ketinggalan,dot susu !.gue udah siap berangkat ke Palangka Raya,sedangkan bokap,masih sibuk dengan sikat gigi dan sabun di dalam kamar mandi.”veen .. sarapan dulu”,kata nyokap gue,pengucapan dan panggilan bokap sama nyokap ke gue emang kadang terdengar beda,kalo bokap lebih sering manggil gue “ Epen “,sedang kan nyokap gue “ Even “,padahal di akta kelahiran nama gue “ Dayven Efan Salim “,entah dari mana mereka berdua dapat kata ( P + E sama V+E ) itu.di panggil nyokap gue langsung turun,buat makan,nyokap lagi nyante di singgasana nya (Baca : Meja Kasir),di meja kasir udah ada Nasi Kuning,salah satu makanan yang gue suka,walau pun kalo kita mikir lebih jauh,nasi  warna nya kuning,kok mirip nasi campur e’ek yah,ya udah lah tapi gue suka nasi e’ek itu.ini contoh Nasi Kuning A.K.A Nasi campur e'ek + Ikan Haruan Masak Habang atau bisa disebut Ikan Gabus di masak bumbu merah.



   Enggak lama,gue pun selesai makan,bokap udah lengkap dengan barang bawa’an nya.jaket  berbahan jeans ditambah celana jeans panjang,serta sepatu hitam gaya bapak-bapak,sebuah mode fashion yang sebenar nya enggak cocok banget sama bokap,enggak cocok nya karena perut bokap membuat  semua nya itu menjadi lebih sempit,perut nya hampir loncat keluar dari jaket,bokong nya bikin celana itu lebih kentat.jadi lah bokap terlihat kayak pepes ikan yang bungkus nya kekecilan.

Tidak ada komentar: