Kamis, 13 Juni 2013

Palangka Jenaka ( Part 3 )



  Gue sedikit pusing,enggak tau kenapa,bawa’an nya mau tidur,mungkin karena dari tadi gue enggak bisa tidur soal nya Kak Hehen sama Nana persis kayak sepasang cewek lagi ngomongin perkembangan terbaru tentang fashion,enggak ada habis nya.padahal Hehen adalah seorang cowok.

  Duduk di salah satu bagian rumah makan,gue tepat duduk disamping bokap.suasana rumah makan itu pun enak,tempat nya sejuk,kalau ke  bagian belakang,langsung berhadapan dengan persawahan hijau yang memanjakan mata,rasa nya ingin kembali ke tempat itu dengan bokap.

  Setelah memesan,enggak berapa lama makanan yang kami pesan pun datang.selain menyediakan nasi itik,tempat ini layak nya rumah makan biasa,yang menyediakan ayam goreng dan sebangsa nya,gue lebih memilih ayam lalapan,karena dari dulu sampai sekarang,gue adalah penggemar ayam lalapan garis keras.

  Duduk di atas kursi kayu panjang,setelah gue menghabiskan separuh makanan,gue merasakan ada hal yang aneh disini,perut gue sakit.

“Pi,sakit perut”,kata gue sama bokap yang baru saja membuka bungkus nasi itik kedua nya.


“ya udah,sini-sini”,bokap menggiring gue,dia menuju ke meja kasir,dan bertanya,”mbak,ada toilet ? anak saya mau buang air”,kata bokap menggandeng gue dan harus nunduk-nunduk soal nya waktu itu gue kontet.

“ada pak,di belakang”,kata pelayan nya.satu yang gue ingat dari pelayan itu,bedak nya kalo di rontokin dari muka,bisa bikin satu bangunan lagi di samping rumah makan itu.

   Gue dan bokap pun masuk ke bagian belakang rumah makan.karena terbuat dari kayu,waktu bokap dan gue nginjak setiap bagian dari lantai,lantai nya bunyi “kreeeeek”,gue takut aja,waktu gue mau ngelangkah eh,lantai nya jebol ,gue kecebur di rawa di bawah rumah makan ini,kemudian gue di makan sama kadal gede yang lagi kelaparan.tragis.

“pen,tuh toilet nya,papi tunggu disini”,kata bokap,gue masuk ke dalam toilet.

Satu yang baru gue temukan di toilet waktu itu,betapa natural nya toilet ini.

  Setiap dinding yang menutupi toilet Cuma terbuat dari bilik bambu,itu pun kalo bokap gue yang lagi pups,pasti kepala nya nyembul keluar,bilik nya enggak tinggi,jadi kalo orang lagi pups dan sedang asik-asik nya ngeden,pasti ekspresi nya keliatan banget.untung nya waktu itu gue masih kontet,jadi bilik itu enggak bermasalah buat gue.

Setelah gue pups,semua nya kembali normal,gue dan bokap balik lagi ke meja makan.

   Di luar duga’an,ternyata pups,dapat membuat gue menjadi makan lebih banyak,satu porsi ayam lalapan plus nasi hangat berhasil gue habiskan,ditambah teh hangat yang membuat suasana nyaman di rumah makan itu semakin terasa,sedangkan Om Alai,Kak Hehen dan Kak Nana juga sudah menghabiskan makanan nya.setelah membayar makanan tadi,kami langsung kembali melanjutkan perjalanan ke Palangka.

  4 jam di perjalanan,kami pun sampai di Palangka,di salah satu rumah keluarga kami melepas penat sebentar.perjalanan tadi enggak begitu terasa karena sebagian besar gue habiskan dengan tidur,sedangkan kata bokap,Kakak Nana sampai 2 kali muntah dijalan.

  Esok nya gue melanjutkan ke tempat dimana bokap dan Om Alai mengurus pekerja’an nya.

  Awal nya gue enggak tau pekerja’an nya apa’an,soal nya gue lewat hutan,sebagian sudah di gusur buat dijadi’in jalan,tapi masih jalan berupa tanah setapak.banyak truk-truk gede yang lalu lalang,setelah gue tanya ke bokap ini tempat apa,ternyata ini adalah tambang,dan bokap sama Om Alai sedang membuat proyek pembuka’an jalan menuju ke pertambangan.gue Cuma ngangguk sok ngerti,padahal enggak sama sekali waktu itu.

  Tiba-tiba mobil berhenti,Om Alai mengajak kami keluar,sedangkan bokap dan satu orang yang sampai sekarang gue enggak tau itu siapa mengeluarkan bawa’an kami dari Martapura.disini,gue hanya melihat lapangan kosong,seperti lahan yang ditinggal pergi oleh pemilik nya.gue yang naluri anak-anak nya masih bergelora langsung lari-larian melihat tempat kosong luas banget.

“pen,jangan jauh-jauh !”,Bokap meneriaki gue yang berlari menjauh dari mobil.


 



Tidak ada komentar: