Jumat, 21 Juni 2013

Palangka Jenaka ( Part 4 )



  Gue enggak begitu mendengar teriakan bokap,yang ada di pikiran gue hanya bermain sepuas nya,4 jam duduk dan Cuma tidur membuat anak kecil kayak gue harus mengisi tenaga lagi dengan bermain.itu lah anak-anak,bukan nya istirahat,malahan biasa nya bermain bisa ngebikin mereka semakin sehat.kata gue.

  Di lapangan kosong itu,bokap dan orang tua lain nya sedang mendirikan kemah untuk tempat tidur kami untuk beberapa malam disini,bisa dibilang itu pertama kali nya gue camping sama bokap,gue sangat senang waktu itu.jarang-jarang dapat kesempatan buat liburan bareng sama bokap,apa lagi di alam terbuka gini,sangat jarang,hampir tidak pernah.

   Di balik pohon-pohon besar,terlihat beberapa sorot lampu kendara’an yang bersinar,memecah gelap malam.gue,Kak Nana dan Kak Hehen di suruh tinggal di dalam kemah,soal nya para orang tua lain nya sedang menuju lokasi tambang.awal nya sih semua terlihat pasif,karena gue yang emang enggak bakalan bicara kalau bukan orang yang duluan ngajak bicara gue.fix malam itu gue layak nya batang pohon yang lagi kedinginan dan selimutan di dalam kemah.sampai akhir nya gue tertidur,membiarkan dinginnya malam membuat mata gue perlahan tertutup.


  Pagi yang cerah,sedikit berembun,menyambut hari kedua gue di Palangka.karena masih sedikit mengantuk dan hawa dingin masih tersisa,gue agak malas untuk membuka mata,tapi perut sudah memaksa untuk di isi,gue melihat di samping gue sudah enggak ada orang,Kak Nana dan Kak Hehen kayak nya sudah bangun,sedangkan diluar kemah,gue mendengar suara bokap yang sedang berbincang,siapa yang enggak bangun kalau suara tertawa nya sekeras bokap gue,kalau dibandingin sama auman singa mungkin singa nya yang perlahan mundur mendengar suara ketawa nya bokap.

“eh,epen,sudah bangun ? ya udah,mandi dulu ,ambil peralatan mandi sama handuk sana”,kata bokap,melihat kepala gue nyembul keluar dari kemah.

“dingiiiiiiiin,ntar aja”

“biar barengan sama papi,papi juga belum mandi kok”

“hmmmm …”,gue masuk lagi ke dalam kemah,mengambil odol,sikat gigi,sabun,dan baju ganti.

   Kalau bokap,enggak perlu sikat gigi,juga enggak perlu sabun,dia hanya perlu shampoo,busa dari shampoo,biasa nya langsung dia pakai untuk ngebersihin badan,kata nya sih biar praktis,padahal itu pembodohan diri.shampoo,yang biasa dipakai buat rambut dipakai buat badan,gue takut aja kalau tiba-tiba bokap berubah jadi manusia yang dipenuhi dengan rambut sekujur badan nya waktu makai shampoo buat sabunan.

  Kebetulan di sekitar lapangan itu,ada satu bagian dipinggir yang menjorok ke bawah,dan dibawah nya terdapat aliran sungai kecil yang biasa nya juga dibuat oleh para pekerja tambang sebagai tempat untuk mencuci pakaian atau mandi.aliran sungai nya cukup deras tapi air nya lumayan jernih untuk mata air disekitar tempat pertambangan.

  Turun kebawah,gue sedikit takut,soal nya jalan nya yang agak licin dan berair,tangan gue berpegang erat ke tali yang dibuat menggantung di batang pohon sebagai pegangan.sedang kan bokap,yang memiliki naluri anak hutan,dia tinggal duduk,dan berseluncur ke bawah,kalo gue yang disuruh,mungkin waktu sampai dibawah,kepala gue yang duluan.

  Di tepi sungai juga ada tumpukan bamboo yang dibuat untuk tempat pemandian kecil,disana sudah ada Om Alai,Kak Nana dan Kak Hehen,gue dan bokap menyusul menikmati dingin nya air sungai.

“pen,hati-hati bamboo nya licin,kalo kamu kecebur bisa hanyut”,kata bokap,sambil melepas baju oblong nya.

“iya,sabun pi ..”,kata gue,meminta bokap mengambil kan sabun di dalam plastic kecil yang gue bawa tadi.

   Melihat rutinitas seperti ini gue merasa betah,selain untuk refreshing,juga bisa buat pengenalan gue terhadap dunia baru,soal nya jarang banget gue di ajak jalan-jalan sama bokap,karena kesibukan nya dengan tambang ini,hampir menyita lebih dari separuh waktu nya hanya untuk pulang pergi dari rumah balik lagi ke tambang.

  Tiba-tiba waktu gue mau ngambil odol,byuuuuur !!! bokap gue lompat ke dalam sungai,mirip lumba-lumba kebesaran perut,kemudian kepala nya nongol duluan dengan wajah gembira.

“wuih,enak pen,sini lompat”,kata bokap,mengajak gue supaya ikutan nyebur ke sungai,badan nya naik turun mengimbangi arus sungai yang lumayan deras.

“enggak mau,ntar tenggelam”,sahut gue agak ketus,soal nya enggak mau aja gue mati konyol disini.

Bokap pun melanjutkan acara berenang nya waktu itu,sedangkan gue sudah hampir selesai mandi,Kak Nana dan Kak Hehen masih duduk-duduk santai di tepian sungai.

   Nah,disini,kenakalan gue mulai muncul,terbesit dibenak gue kalau ada yang nyebur lagi pasti asik.diam-diam gue naik ke atas,dan menyelinap ke belakang Kak Nana,Om Alay pun enggak ngeliat gue,tepat pada hitungan ketiga,gue tendang bokong Kak Nana,reflek dia langsung lompat ke dalam sungai.ngeliat Kak Nana mangap-mangap gue kesenangan sendiri,sampai gue sadar,ada anak orang mau tenggelam gara-gara gue.

“pi,Kak Nana Pi !!!!!”,gue teriak,manggil bokap gue yang berenang menjauh dari tempat kami.sedangkan Kak Nana sudah kayak Ikan Nila yang enggak punya sirip,mangap-mangap.untung nya Om Alai dan bokap gue sigap,Om Alai nyebur,bokap gue nangkep badan nya Kak Nana.Kak Nana selamat.

Hampir seharian gue kena omelan bokap,kata bokap waktu itu,”kalau Nana kenapa-kenapa gimana ? kamu yang tanggung jawab ?”,urat-urat di leher bokap seakan mau nyembul keluar semua waktu ngomong itu.gue enggak kepikiran aja kalau gue yang waktu itu baru lulus SD sudah ngebunuh orang dan harus masuk penjara pasal pembunuhan berencana.

  2 hari di Palangka gue sudah hampir bunuh anak orang.sebuah prestasi gila untuk anak baru lulus SD kayak gue,dan pada akhir nya,bokap memutuskan buat nganter gue pulang lebih awal,besok hari nya setelah kejadian itu,gue dan bokap balik lagi ke Martapura,Kak Nana,Kak Hehen dan Om Alai tetap tinggal di Palangka.

Dan sejak sa’at itu gue udah enggak mau lagi nendang bokong orang yang lagi ngelamun di pinggir sungai,resiko pertama anak orang mati,resiko kedua,gue yang mati digantung Ayah nya yang anak nya gue tendang bokong nya.

Tidak ada komentar: