Minggu, 01 September 2013

PRAMUKA ? atau Cari Muka ? (Part 2)


Tapi bukan gue kalo nyerah sebelum berjuang,berjuang dulu,kalo gagal terus ya nyerah,itu gue.

  Hampir tiap jam gue minta ijin sama bokap,waktu bokap lagi makan,gue minta ijin,waktu bokap nonton tipi,gue tiba-tiba muncul didepan muka bokap,minta ijin lagi.waktu bokap boker,gue enggak berani minta ijin,pups nongol,gue ikut ilang di lobang wc,bokap enggak bisa bedain mana tokay mana anak nya.

  Dan semua orang yang bilang sabar akan berbuah kesuksesan,mereka salah,seharian gue minta ijin sama bokap,hasil nya ? bokap tetap enggak ngijinin.bokap kekeuh enggak ngijinin gue,alasan nya tetap,”takut ada anak orang kenapa-napa”,sebegitu sadis nya kah diri ini ?.tapi,disinilah peran seorang ibu sangat diperlukan.dirumah gue,penguasa nya adalah nyokap,kalo nyokap bilang A,seisi rumah harus ikut bilang A,mau enggak mau,harus mau,kalau enggak mau dan berontak,si pemberontak bakalan dapat ekspresi nyokap yang siap membelah tubuh kalian menjadi 8 bagian sama rata.bila kalian yang dekat Ruko gue,enggak jarang kalian akan menemukan teriakan-teriakan histeris dari dalam.

  Tapi,lagi-lagi enggak ada harimau yang makan anak nya,kecuali lagi laper berat.setelah gue ngerengek guling-guling sambil tendang-tendang sofa,nyokap mau bilangin sama bokap,buat ngijinin gue ikut kegiatan perkemahan itu.

‘ijinin aja udah si efen ikut kemah,enggak berminggu-minggu itu’,kata nyokap,waktu bokap masih asik dengan tontonan nya,berita malam,siaran langsung.
‘tapi ma …’,bokap nyoba ngelarang gue lagi tapi …

‘UDAH ! IJININ AJA ! KENAPA SIH ! KAMU AJA JALAN KELUAR SAMPAI SUBUH EPEN GAK LARANG-LARANG ! MAU NYA APA !’,bentak nyokap kayak preman udah keburu naik darah ngeliat kancut kesayangan nya dicolong orang.

Bokap diam,lalu terdengar suara pelan,’ya udah .. siap kan semua keperluan mu sana fen …’

  Gue sangat gembira,jingkrak-jingkrak,’ya udah pen .. kamu siapin perlengkapan kemah sana,kalo ada yang kurang bilang aja,nanti di siapin sama Mbak Ati’,kata nyokap,nada suara masih tinggi,tinggi dikit lagi bisa ngalahin suara nya candil kepergok nyolong mangga orang.

  Senang nya hati ini,loncat sana,loncat sini,pengin rasa nya gue lanjutin loncat dari lantai 2,tapi enggak jadi soal nya ketinggian.misi minta ijin buat kemah hari ini,berhasil,bokap kalah,nyokap menang,gue senang.merdekaaaa !!!.


Nah,disini gue juga mau ngejelasin pemikiran gue sekarang,dulu,waktu kita kecil,semua lebih menyenangkan,dapet jajan es krim dari nyokap udah seneng,dapat sepeda baru udah seneng,kayak gue tadi,di ijinin buat kemah diluar rumah sama Orang Tua udah seneng.coba deh kita balik ke umur kita yang sekarang.sekarang umur gue 18 tahun,tapi selalu aja gue merasa ada yang kurang,Handphone ada,Motor punya,sederhana lah,tapi jujur,gue enggak pernah puas,tapi sekarang gue punya pemikiran,dulu kita merengek hal kecil kayak es krim,bakso pinggir jalan,sepeda baru sama Orang Tua,kenapa sekarang bukan kita yang ngasih hal kecil ke Orang Tua,kayak kue ulang tahun? Mungkin harga nya enggak seberapa,tapi mungkin itu wujud nyata dari sebuah kasih sayang dalam sebuah keluarga,and I could do that for my mom now,wonder woman :) .

Balik ke cerita.

‘ingat,kamu jangan sampai bocorin kepala anak orang,apalagi nyeburin anak orang lagi ke got,ingat ya …’,bokap menasehati gue pelan,gak berani keras,nyokap ngawasin.ditangan nyokap ada remote tv,cukup kuat untuk membocorkan kepala seseorang.

  Nah,begini lah,seandai nya aja setiap hari nyokap bela’in gue,hal yang pertama terjadi di rumah ini yaitu,kudeta kekuasan bokap yang turun,gue bawahan nyokap,bokap jadi bawahan gue,dan Mbak Ati tetap pada posisi nya,sang pembersih kancut-kacut gue yang waktu itu tiap pagi basah kena pipis tiap malam.


Tidak ada komentar: