Rabu, 04 September 2013

PRAMUKA ? atau Cari Muka ? (part 3)


Pagi itu,gak semua nya enak,hari Dimana semua udah siap.baju Pramuka,dasi,semua perlengkapan yang diperlukan udah masuk dalam tas.tapi ada yang salah sama gue,suhu badan naik,panas banget,ini lah yang nama nya karma,kala gue udah senang mau kemah,sakit melanda,tapi bukan gue juga kalo gue enggak kekeuh ikut kemah.

'udah lah pen,gak usah pergi kemah,nanti kalo drop gimana? Ntar biar minta ijin sakit ke sekolah',nyokap,melihat ke arah gue,mata nya nanar,seakan gue udah akhir ajal.

'pokok nya harus ikut kemah,tas nya mana,anterin ke kamar mandi,mau mandi terus kemah',kata gue,agak keras kepala,Enggak.. ini tentang mempertahankan kemenangan gue kemarin dari bokap,gue gak mau usaha gue yang udah gerilya itu sia-sia cuma karena demam,itu lah gue,umur muda,otak enggak mau kalah sama orang.

'yakin mau tetap ikut kemah? Gak tau kalo kenapa-napa loh',nyokap mengambil handuk,lalu memopoh gue ke kamar mandi.'iya,gak papa kok',lalu gue meninggalkan nyokap yang menunggu gue diluar kamar mandi,untung nya gue sudah bisa mandi sendiri waktu gue umur 5 tahun,dan gue bangga akan itu.

   Di dalam kamar mandi,gue ngerasa kepala gue goyang-goyang,kayak anak dugem yang lagi ngangguk-ngangguk,semua nya goyang,gayung pun ikutan muter-muter dikepala gue,'ini kenapa ya ma kepala bisa goyang-goyang gini',kata gue,setengah teriak sambil tangan megang bak mandi takut jatuh.

'maka nya kalo mandi jangan kepala duluan yang diguyur,badan dulu,kepala mu jadi kaget',kata nyokap,pelan dari luar kamar mandi.aneh juga ya,kepala bisa kaget,kepala sok manusiawi ini.

Gak lama kepala gue sudah balik normal,gayung yang tadi nya goyang-goyang,kini dia sudah diam,balik ke kodrat nya sebagai benda mati.

Keluar dari kamar mandi,gue udah lebih mendingan,badan yang tadi nya panas juga mulai normal lagi,pertanda baik buat acara kemah gue hari ini.kalo aja tadi kepala makin muter-muter,mungkin gue akan keluar dari kamar mandi dengan kepala godek-godek gak jelas,merangkak,sambil ngomong,'muka mami kok goyang-goyang ya?'.

'gimana? Masih mau ikut kemah?',nyokap nanya lagi,gue sempat curiga nyokap sudah bersengkongkol dan di sogok sama bokap supaya gue gak jadi ikutan kemah,'ikut lah,ini sudah segeran,nih..',kata gue sambil loncat-loncat depan kamar mandi memastikan nyokap kalau gue udah mendingan dan siap buat ikut kemah,'ya udah,pakai seragam nya sana,udah disiapin di atas',nyokap nyerah,perkemahan di sekolah? Ayem kaming!!!aye datang,ulun datang,saya hadir!!

   Setelah gue sudah rapi,seragam lengkap,pakai kolor,celana,rambut kriwil,kaos kaki yang dibagian jempol nya bolong dikit,gue siap diantar bokap ke sekolah.satu tas ransel ukuran lumayan gede sudah penuh dengan keperluan gue selama berkemah ntar.oh iya,bokap mau nganterin? Itu cuma soal nyokap aja,satu kata pakai tanda seru aja yang dikeluarin nyokap," ANTERIN!!!",tanda seru nya tiga,jadi peluang bokap ngebantah udah 0 % deh.

  Sebelum berangkat,nyokap ngasih uang selembar 50 ribu rupiah,uang paling gede yang pernah gue terima dari nyokap,biasa nya cuma seribu perak,kalo lagi apes,100 perak dikasih ke gue,nyokap emang bisa pelit banget soal uang,tapi kalo udah baik hati nya,50 ribu rupiah mendarat gampang ditangan.


'nih,buat buat jaga-jaga,kalo lapar beli beras,masak sendiri,beli telor juga buat lauk,jangan boros',kata nyokap sehabis ngasih uang ke gue,betul,walau uang udah dikasih,irit harus tetap dijalani,uang banyak,gak harus boros,kata nyokap.'jangan jajan yang macam-macam',lanjut nyokap,gue cuma ngangguk pelan,bingung harus senang udah dikasih uang banyak,atau harus bingung harus masak beras sama telor ceplok 3 hari.

'udah? Cepet naik,kalo enggak,gak jadi dianterin nih!',bokap sewot,mungkin masih gak terima kalau gue menang kemaren.

'apa? Gak jadi nganterin? Ga usah pulang aja sekalian mau?!',mata nyokap melotot,bola mata nya hampir keluar.

'enggak kok enggak.. ayo pen,kita berangkat Yuk..'

Ah,betapa lucu nya,bokap yang garang itu enggak bisa berkutik sama nyokap.gue yang biasa dimarahin sama bokap,ini bokap yang dimarahin sama nyokap.oh iya FYI aja nih,di rumah gue,enggak pernah sehari aja ada kata "damai",ada-ada aja yang jadi masalah,entah itu gue yang lambat makan,bokap yang punya penyakit diabetes militus tapi makan nya kayak sapi puasa 3 minggu,setiap hari ada aja masalah antara gue,nyokap,sama bokap,i miss that moment.

Tidak ada komentar: