Senin, 24 Juni 2013

Karena Kodok,Aku Pulang Malam (part1)



  Memasuki awal-awal bulan Ramadhan tahun 2000,suasana di pasar sekitar Ruko gue semakin ramai.banyak orang-orang yang membeli kebutuhan untuk menjalankan puasa dihari ke 3 ini,banyak orang dan kendara’an roda 2 berlalu-lalang,fenomena bulan Ramadhan untuk nyokap adalah sebuah keuntungan tersendiri,karena nyokap membuka usaha yang menyediakan keperluan sehari-hari,al-hasil toko semakin rame,tapi itu juga membuat gue semakin jarang diperhatikan sama nyokap.

  Siang hari,matahari seolah menantang para umat muslim untuk menggoyahkan puasa nya hari ini.membuat peluh semakin deras mengalir dari sela-sela rambut dan leher setiap umat muslim yang harus memperjuangkan ekonomi nya di pasar ini.setiap Ramadhan tiba,keluarga kami yang memang keluarga non-muslim harus menghormati orang yang sedang berpuasa,terkecuali gue yang waktu itu masih anak-anak.menurut gue ada pengecualian tersendiri buat para anak-anak.kalau mereka haus pada waktu siang hari di bulan Ramadhan ya tinggal minum saja.kalo orang tua yang setahu gue diwajibkan berpuasa tapi ada yang minum di depan umum,Cuma ada 2 kemungkinan,kalau enggak tau malu,berarti orang itu gila,kebanyakan sih orang gila yang enggak tau malu yee ..


  Suasana toko nyokap siang itu sedang rame,Om Ijai yang bantu-bantu ditoko pun sedang sibuk melayani pembeli,sedangkan nyokap duduk di singgasana nya,iya meja kasir.kalau bokap,dia di atas,sedang tidur,bukan nya sedang tidur sih,tapi melakukan kebiasa’an nya yaitu,tidur.

  Merasa bosan,gue turun ke bawah,karena rumah gue adalah Ruko,tentu saja,tidur pun enggak nyenyak karena terganggu suara bising orang yang bertanya dan mau membeli barang di toko.gue turun ke bawah dan menghampiri nyokap ke meja kasir.

  Sedikit berlari kecil,hari itu gue memakai baju bergambar Ultraman,sosok super hero yang gede.mata nya gede juga bisa nyala lagi,pakai pakaian ketat.kalau sekarang mungkin dia dibilang boyband putus asa lalu mau menyelamatkan dunia.mungkin

  Gue duduk disamping nyokap yang sibuk menerima uang dari para pembeli,enggak lama berangsur-angsur pembeli pun berkurang,mulai sepi,hanya tinggal beberapa orang yang sedang memilih barang dipojok toko.nyokap menoleh ke arah gue,”eh Even,kenapa enggak tidur ?”,kata nyokap sambil merapikan uang yang sedikit berantakan di laci.

“panas,papi tidur nya ngorok,lapar juga …”,sahut gue,menepuk-nepuk perut menandakan gue lagi lapar,banget.

“tidur terus papi mu itu,perut nya sudah hampir meledak masih aja ngorok”,nyokap sedikit kesal,”emang Mbak Ati belum masak ya ?”

“belum”,kata gue polos,”Lapar …”

“ya udah,ntar mami suruh Om Ijai beli makanan,kamu tunggu disini aja,belajar JUALAN !”,entah kenapa kata jualan itu lebih mendominasi daripada kata makanan yang baru saja di ucapkan nyokap.mungkin yang ada dipikiran gue waktu itu adalah makanan sedangkan dipikiran nyokap ada jualan,fix gue disuruh nunggu jualan untuk dapet makanan.

Tidak ada komentar: