Rabu, 30 Juli 2014

Tumbuh Tua








   Postingan pertama gue setelah ganti template baru nih, mungkin warna template sekarang lebih seger aja, biru-biru sama cartoon gitu.

   Oke, dipostingan ini gue bakal bahas tentang gue sendiri, yang semakin hari, semakin bertambah umur, bertambah kegiatan, hingga hampir enggak ada waktu buat diri sendiri atau buat nyokap gue.

   Beberapa waktu lalu, nyokap sakit dan harus dirawat inap, dan disaat itu juga gue masih dalam jam kerja. Sekitar pukul 7 malam, gue izin buat pulang cepet karena ditelponin sama pembantu gue dirumah, takut kenapa-kenapa. Soal nya enggak sekali ini doang nyokap tiba-tiba drop.


  Semenjak bokap “ berpulang ”, sejak itulah keadaan nyokap sering sakit juga, dari katarak, yang sudah dioperasi tapi harus bolak-balik Banjarmasin-Malaysia, hingga terakhir ini, masalah pencerna’an, yang membuat badan nyokap waktu itu gemeteran hebat. Dan ngebuat semua orang dirumah, gue, pembantu gue, dan om, semua panik. Dan akirnya mutusin nyokap dibawa kerumah sakit.

  3 hari nyokap dirawat, banyak prediksi penyakit yang di katakan dokter yang merawat nyokap, dari komplikasi jantung, diabetes, asam urat, hingga ada kelainan di ginjal. Memang, mungkin juga semua itu karena umur nyokap yang udah enggak muda lagi, tapi dari situ gue sadar. Kok gue jahat ya, waktu nyokap udah sakit begini, gue baru nungguin.

   Alasan gue sekarang buat kurang memperhatikan nyokap adalah bekerja, bukan alasan yang tepat sih, tapi fakta nya, bekerja membuat waktu gue dirumah menjadi sangat kurang, nyokap bangun pagi, gue nya udah berangkat kerja, nah, pas gue pulang, nyokap udah tidur.

   Tapi, sekarang gue lebih mentingin nyokap, setiap apa yang nyokap mau, gue usaha’in, apa pun. gue enggak mau ntar terlambat, ketika nyokap udah enggak minta apa-apa lagi, dia mungkin cuma minta gue sebagai anak nya, ada disamping dia, merawat dia, nemenin dia, ngeganti’in bokap yang udah “ pulang “ duluan.

   Dulu, gue marah setiap kali bokap atau nyokap nelponin gue yang enggak pulang-pulang kerumah padahal udah malam, marahin gue pas gue pulang, dan motong uang jajan gue sebagai hukuman. Dan sekarang, ketika gue udah gede, gue jarang ditelponin, selarut apapun gue pulang enggak pernah lagi ditelponin. Dan itu bukan membuat gue merasa bebas, tapi malah membuat gue sadar. gue lah yang sekarang harus berpikir, pulang lebih cepat tanpa harus ditelpon dulu. Ada dirumah tanpa harus dilarang keluar dulu, kebersama’an sama orang tua itu sekarang gue hargai banget, apalagi semenjak bokap enggak ada. Gue jadi tau apa arti dari kangen sebenarnya.

   Dan buat kalian, yang mungkin seumuran sama gue, gue mau bilang aja, mungkin dunia luar lebih keren, lebih menyenangkan, dan lebih memuaskan mata. Tapi, ingat, waktu kalian lelah sama dunia luar, pasti akan kembali ke tempat asal kalian kan? Orang tua kalian? Jadi, buat lah sebanyak mungkin moment kalian bersama orang tua, sebelum kalian menyisakan moment, kalian membacakan do’a di batu nisan orang tua kalian. Bye.  

Tidak ada komentar: